Friday Feb 16, 2024

Pertama kali ke taman kota saat pandemi: bertemu caladi tilik

Selama masa pandemi, di tahun 2020 kami akhirnya baru ke taman kota menjelang akhir tahun setelah sekian lama menahan diri untuk tidak keluar rumah. Taman yang kami kunjungi adalah Taman Kota Tebet. 

Saat bulan November 2020 itu, kami mendapati bahwa Taman kota Tebet rupanya hendak memasuki masa renovasi. Niat untuk refreshing sejenak di taman sempat terganggu saat kami menapaki taman dan mendapati bongkaran-bongkaran batu di sana-sini sehingga berjalan pun harus ekstra hati-hati. Ternyata renovasi sebagian sudah mulai berjalan. Kami akhirnya menyingkir ke pojokan taman yang kondisinya masih cukup baik untuk anak-anak berlari-lari. 

Spot yang kami tempati bukan tempat biasa saya berjumpa dengan burung takur ungkut-ungkut. Namun, karena sudah refleks mencari-cari burung maka kepala saya menengok-nengok ke atas. Saat itulah mata saya menangkap burung caladi tilik yang sedang mematuk-matuk batang pohon. Caladi tilik itu bolak-balik ke lubang di atasnya. Oh, ada sarang miliknya! 

Saya pun mengarahkan kamera dan nampak si induk burung memberikan ulat kepada anaknya di dalam sarang. Sayang sekali posisi si anak tidak terlihat melalui kamera. 

Ah, senangnya setelah sekian lama tidak ke taman lalu ditakdirkan berjumpa dengan caladi tilik dan sarangnya!

Rupanya hari itu adalah pertama dan terakhir kali kami berkunjung ke Taman Tebet karena setelahnya taman ditutup untuk revitalisasi.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top