Saturday Apr 13, 2024

Review Physiogel Hypoallergernic Daily Moisture Care Body Lotion untuk kulit kering dan sensitif

Physiogel adalah lotion yang berasal dari Thailand. Lotion ini biasa digunakan untuk mereka-mereka yang memiliki kulit super sensitif, misalnya memiliki eksim jenis dermatitis atopik maupun jenis eksim lain. Bahkan bisa juga untuk kulit yang sekedar kering saja.

Physiogel bisa dibeli di market place dan juga apotek. Bahan yang terkandung di dalamnya ternyata memang aman untuk yang kulitnya sangat sensitif.

Ingredients:

Aqua, Xanthan gum, acetamide mea, African shea butter, betaine, Caprylic/ Capric triglycerida, Caprylyl glycol,

carbomer, ceramide 3, cocos nucifera oil, Elaeis Guineensis oil, glycerin, hydrogenated lecithin, hydroxyethylcellulose, Olea Europea (Olive) oil, palmitamide mea, pentylene glycol, sarcosine, sodium carbomer, squalane

Sepulang dari dokter kulit dan memang dinyatakan memiliki dermatitis atopik, dokter kulit memberikan sebuah resep obat, sabun mandi tanpa paraben, dan juga sebuah lotion untuk saya. Harga lotion tersebut cukup mahal ternyata. Dan sayang sekali, ketika pemakaian beberapa hari kulit saya ternyata tidak cocok.

Saya akhirnya menyadari kalau perihal kulit ini memang cocok-cocokan. Kawan saya cocok pake lotion yang diresepkan tersebut dan memiliki dermatitis atopik yang sama. Sayangnya, saya tidak.

Saya akhirnya bertanya ke beberapa kawan yang saya rasa memiliki kasus yang sama serta sempat juga saya bertanya random pada seorang kawan. Tidak disangka justru pertanyaan random tersebut lah yang mendapat jawaban maksimal. Anaknya ternyata memiliki kasus yang sama dan menggunakan sebuah lotion bernama Physiogel.

Saya akhirnya membeli lotion Physiogel tersebut di market place. Ternyata harganya jauh lebih mahal dari yang kemarin diresepkan oleh dokter hiks… Uang saya nyaris habis untuk mengurusi kulit ini. Saat itu saya berdoa semoga diberi kesembuhan dan Allah memberi rezeki lagi dari pintu lain. Aamiin.

Singkat cerita saat lotion tersebut saya gunakan, saya langsung merasa kulit yang sudah diolesi menjadi sangat lembab. Saya menggunakannya tidak hanya setelah mandi, tapi kapanpun saya merasa kulit terasa kering. Dan tidak hanya untuk kaki dan tangan, melainkan juga untuk seluruh badan dan juga wajah. Saya saat itu tidak tahu apa yang harus saya gunakan untuk wajah saya yang juga muncul bercak sehingga saya pakai saja lotion tersebut di wajah, entah seharusnya diperbolehkan atau tidak.

Physiogel rupanya memang dikhususkan untuk kulit yang kering dan supersensitif. Mungkin itulah sebabnya Alhamdulillah cocok di saya.

Tidak ada pewangi dalam lotion ini yang mungkin bisa membuat seseorang yang kulitnya sensitif menjadi semakin bertambah alergi. Nggak ada pewanginya tapi juga bukan berarti bau ya hehe. Hambar biasa aja gitu.

Texturenya sangat ringan dan lembut. Setelah dioleskan langsung terasa kulit yang menjadi lembab. Karena luar biasa banyaknya bercak flare di seluruh tubuh, saya mengoleskan lotion ini sesuka hati! Dalam waktu dua minggu saja, lotion ini langsung habis dan saya langsung beli lagi huhuhuhu duit lageee.

Tapi memang bahkan setelah beberapa hari pemakaian, progresnya langsung terlihat. Bercak perlahan memudar hingga akhirnya benar-benar hilang. Tapi dengan catatan saat mulai terasa gatal saya juga harus bisa menahan diri untuk tidak menggaruknya barang sebentar.

Kulitnya sebelumnya seperti ini:

Setelah rutin dioleskan physiogel terus menerus jadi seperti ini:

Hingga akhirnya voilaaaa!

Ya nggak voila juga sih, butuh proses berminggu-minggu bisa kayak gini. Tapi Alhamdulillah banget huhu.

Oh iya, ini kalau kena mata pedih ya. Jadi pas di kening bercaknya sudah hilang akhirnya paling saya pakai di pipi dan leher saja yang masih agak susah hilang bercaknya karena kalau habis wudhu terasa pedihnya di mata.

Setelah seluruh bercak di tubuh benar-benar hilang, hingga saat ini saya tetap menggunakan lotion Physiogel dan karena frekuensi dan kuantitas pemakaiannya sudah jauh berkurang maka satu botol bisa saya habiskan selama satu bulan, tidak lagi dua minggu hehe.

Semoga semua yang punya eksim dikasi kesabaran dan lekas ketemu lotion yang cocok ya!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top