Thursday Jun 13, 2024

Merakit bricks Emco

Seorang sahabat datang ke rumah dan membawakan hadiah bricks serupa lego untuk A. Katanya hadiah itu sudah lama ia beli dan simpan tapi baru saat itu sempat datang ke rumah kami. Merk legonya adalah Emco.

Kardus bricks tersebut cukup besar. Di bagian belakang kardus terdapat gambar berbagai transportasi (metromini, bajaj, tukang ojek) dan juga penjual makanan kaki lima seperti tukang bubur, bakso, dan sate yang ada di Jakarta. Sahabat saya itu memberikan bricks metromini.

Rupanya Emco memang meluncurkan bricks dalam Indonesian series. Selain metromini seperti ini juga terdapat bentuk Monas. Di dalamnya terdapat kertas panduan cara merangkainya.

Tulisan pada kardus bertanda 6+ yang berarti ditujukan untuk anak usia 6 tahun ke atas. A yang saat itu baru berusia 3 tahun terlihat tertarik namun ia masih belum bisa merangkainya sesuai panduan, maka Aba merangkainya. Dan inilah hasilnya.

Sayangnya minifigure dalam seri ini tidak bisa pas terpasang. Untuk seri metromini ada dua minifigure yaitu sebagai supir dan kondektur metromini. Dua-duanya tidak bisa terpasang dengan kuat, baik supir dalam posisi duduk maupun kondektur yang berdiri di pintu. Selalu lepas dan jatuh.

Setelah itu jadi saya yang tertarik sama bricks ini. Saya pengin banget punya yang versi gerobak sate. Eh kenapa jadi emaknya yang pengin mainan? Haha.

Lalu suatu hari Aba dan A membeli lego versi gerobak sate di minimarket. Mereka pun menyerahkan pada saya untuk merangkainya. Awalnya puyeng. Tapi akhirnya saya bisa juga yeaaah!

Kertas panduannya terbilang jelas terutama buat yang pemula untuk anak-anak maupun kaya saya yang sebelumnya nggak pernah mainan bricks ini. Setiap bricks-nya juga presisi dan pas saat dipasang, nggak kendor di sana-sini.

Sayangnya setelah sekian lama, lagi-lagi masalah muncul pada si minifigure abang tukang sate. Kakinya menjadi kurang kuat terpasang sehingga sering lepas. Mungkin kekurangan Emco ini memang sering terletak pada minifigure. 

Soal harga memang terbilang cukup tinggi sih. Untuk harga bricks gerobak sate mini ini adalah Rp 30.000-an. Sementara untuk harga metromini saya lihat pada toko online berkisar di Rp 170.000-an. Tapi tentunya harga tersebut masih jauh lebih murah dibandingkan harga Lego. Jadi ya bolehlah si Emco ini buat mainan bricks si bocah.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top