Tuesday May 14, 2024

Mengenali kulit: tahap pertama dalam skin care

Setiap orang memiliki cerita berbeda dengan kulitnya. Dan berikut adalah cerita saya: Menggunakan berbagai produk skin care memang seringkali trial and error. Jika kulitnya tergolong kulit normal mungkin tidak masalah. Namun bagaimana jika ternyata kulit kita termasuk ke dalam kulit kering sekaligus super sensitif?

Pengalaman dari kesalahan saya saat itu adalah mengetahui bahwa kulit wajah termasuk sensitif, namun tidak menyadari kalau juga sekaligus kulit kering. Saat itu pengetahuan saya tentang kulit minim sekali. Dan saya juga tidak menyadari kalau kulit ini sensitif terhadap produk yang ada alkoholnya. Saya pikir hanya sensitif terhadap udara dan produk merk tertentu saja.

Saya memakai toner merk tertentu, tidak menyadari kalau alkohol dan pewanginya sangat berpengaruh terhadap kulit saya. Sehingga eczema yang saat itu baru saja sembuh sekian bulan, akhirnya kembali muncul dan kali ini khusus di wajah saja!

Berbagai produk wajah saat itu saya hentikan. Ruam dan bercak-bercak muncul di wajah dan ukurannya cukup lebar karena sudah terlanjur gatal dan digaruk.

Akhirnya saya putuskan untuk rehat dulu. Wajah tidak saya pakaikan apa-apa kecuali lotion khusus hypoallergen. Bahkan saya tidak mencuci muka pakai sabun dulu selama sekian lama. Hanya sekitar satu minggu sekali saja. Yang penting kulit wajah yang mengamuk biar tenang dulu dari beraneka intervensi dari luar.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top