Sunday May 19, 2024

Peristiwa Supermoon di tahun 2016

Supermoon adalah istilah ketika bulan berada pada fase bulat penuh atau purnama dan berada pada jarak paling dekat dengan bumi (perigee). Saat peristiwa tersebut terjadi, bulan jadi terlihat lebih besar dan dekat dari biasanya.

Foto Supermoon ini saya ambil pada 17 Oktober 2016. Foto diambil di Jakarta. Saat itu saya tertinggal. Baru ingat ketika pukul 05.15 pagi. Cuaca cerah sekali saat pagi itu. Ternyata kesempatan bagus hanya 1x. Sesudahnya tangan saya terus bergetar karena menahan kamera dan bulan mulai tak terlihat karena tertutup awan. Foto diambil dengan menggunakan kamera prosumer Nikon P900.

Foto selanjutnya terjadi 1 bulan sesudahnya yang katanya bulan terlihat lebih super (sehingga disebut Super Duper Moon), terjadi pada 14 November 2016.

Waktu itu saya mengamatinya di rumah ibu sebelum pindah. Momen itu sangat berkesan karena ternyata menjadi foto bulan terakhir yang saya ambil dari rumah yang penuh kenangan itu karena sebulan sesudahnya kami semua pindah rumah. Sejak dulu saya selalu mengagumi benda-benda langit dan akhirnya diberi kesempatan mengabadikan bulan setelah puluhan tahun tinggal di tempat tersebut. Alhamdulillah.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top