Sunday May 19, 2024

Pertemuan pertama dengan kupu-kupu Common Pierrot

Sudah beberapa hari itu saya menginap di rumah Ibu, yang kedua kalinya sejak pandemi. Lumayan lah ya, kalau di sana saya bahkan bisa sempat keliling naik sepeda. Naik sepeda yang sudah bertahun-tahun saya kayuh di masa-masa kuliah dulu.

Pagi menjelang siang nggak tahu berapa meter yang sudah saya tempuh untuk naik sepeda. Beberapa kali saya berhenti buat foto kupu-kupu di spot kebun kosong. Saat itu bertemu dengan Blue pansy alias Junonia orithya.

Setelah agak siang dan pulang ke rumah, tidak disangka mata saya tertuju pada kupu-kupu kecil yang nemplok di tanaman milik tetangga tak jauh dari rumah ibu. Saya mencari-cari di ingatan saya mengenai kupu-kupu tersebut. Rasanya saya belum pernah ketemu. Tapi saat itu saya tidak membawa hape.

Akhirnya saya masuk dulu ke rumah, mengambil hape dan mengajak anak no.2 untuk menemani saya balik lagi keluar, sambil berdoa semoga si kupu-kupu nggak kabur.

Pas kami keluar rumah eh Alhamdulillah dia masih di situ juga! Saya foto juga diem aja. Ternyata ini jenisnya Common pierrot alias Castalius rosimon. Ia termasuk ke dalam famili Lycaenidae.

Cakep banget ya, kayak dalmation.

Order: Lepidoptera

Family: Lycaenidae

Genus: Castalius

Species: Castalius rosimon (Fabricius, 1775)

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top