Wednesday Feb 21, 2024

Tiga tempat asyik untuk ngabuburit

Saat bulan ramadhan, kita sering sekali mendengar kata “ngabuburit“. Ngabuburit merupakan kata yang berasal dari bahasa Sunda, yaitu “burit” yang artinya sore hari. Menurut Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda arti dari ngabuburit yaitu bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Sehingga ngabuburit juga bisa diartikan sebagai bersantai-santai sambil menunggu waktu berbuka puasa supaya tanpa sadar ternyata waktu maghrib sudah hampir tiba.

Kira-kira di mana ya, tempat yang enak untuk ngabuburit? Berikut tempat yang seru menurut saya. Yuk, kita cek siapa tahu bisa jadi inspirasimu selama bulan ramadhan ini:

  1. Taman kota

Taman kota saat ini bisa menjadi tempat yang seru untuk ngabuburit alias menanti waktu sore tiba sekaligus melepas penat. Menatap pepohonan dan menikmati burung-burung di taman bisa membuat pikiran dan hati yang semula lelah menjadi lebih baik. Karena sesungguhnya taman dan hutan kota adalah sebuah oase di tengah wilayah perkotaan yang padat. Taman kota saat ini pun sudah jauh lebih ramah anak sehingga bisa juga untuk mengajak anak-anak bagi yang sudah berkeluarga. Kenalkan area outdoor untuk anak sehingga mereka lebih banyak beraktivitas. Asal ingat ya, ngabuburit di tamannya jangan sambil makan cilok.

Pengamatan burung bisa menjadi salah satu kegiatan ngabuburit

2. Panti asuhan dan yayasan

Berbagi dengan orang lain merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Kamu bisa mengumpulkan donasi dan membuat hadiah sederhana untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan di panti asuhan maupun yayasan.

3. Masjid kota

Bulan ramadhan tentu bulan yang sangat tepat untuk menambah segala kebaikan, terutama untuk beribadah. Tentu saja tidak ada tempat terbaik untuk melakukan ngabuburit selain di masjid dengan membaca Al Quran. Kamu bisa berkeliling kota dan menemukan masjid-masjid yang ramai dengan para musafir maupun warga sekitar yang sibuk beribadah sambi; ngabuburit. Jangan lupa ketika bulan ramadhan masjid-masjid pun biasanya menyediakan makanan untuk berbuka puasa untuk siapa saja yang datang ke sana.

Gimana ide tempat asyik untuk ngabuburit yang sudah disampaikan di atas? Kira-kira kamu mau ngabuburit di mana? Yuk, tulis di kolom komentar!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top