Tuesday May 14, 2024

Menu buka puasa praktis dan sederhana

Siapa yang baru hari ketiga puasa sudah bingung mau masak apa? Ayo tunjuk tangan! >_< Haha saya juga bingung. Tapi biar gimana kita tetap harus mencoba ya. Ini beberapa pilihan menu praktis dari saya:

  1. Bihun goreng

Duh, kalau saya sih nggak bisa menolak pesona bihun. Mana bikinnya juga nggak ribet banget.

Resep dan bahan:

Rebus bihun, tiriskan

Potong-potong bakso atau udang juga bebas

Daun bawang

Bumbu halus:

3 siung bawang merah

4 siung bawang putih

2 cabe

Ketumbar

Lada

Suka-suka aja lah ya mau segimana takarannya T_T

Tumis bumbu halus, masukan bihun yang sudah ditiriskan, tuang kecap, aduk-aduk. Tambahkan bakso ataupun udang. Aduk-aduk. Jadi deh T_T

2. Martabak tahu

Pecinta gorengan mana suaranyaaaaa?? Ini katanya sih menu wajib kalau buka puasa. Tapi serba salah ya karena minyak goreng kan mahal huhuhuhu. Tapi kalau kadang-kadang makan gorengan ya nggak papa juga asal jangan keseringan ya. Selain karena mahal juga kan tak baik untuk kesehatan. Berikut resep penting nih buat pecinta martabak tahu. Saya suka banget martabak tahu bikinan nenek. Kalau kami ngumpul di rumah Uti, martabak tahu dijamin ludes dalam sekejap. Iseng-iseng kemudian saya coba bikin di rumah dan ternyata enak juga heu.

Bahan:

Tahu putih 10 buah, hancurkan dengan garpu

Kulit martabak 1 gulung biasanya isi 12. Jangan pas beli 10 ya, soalnya suka ada yang robek.

Telur 1 butir

Daun bawang, iris-iris

1/2 sdt ketumbar bubuk

Resep:

Campurkan telur ke dalam tahu putih yang sudah dihancurkan, masukkan garam dan ketumbar, juga daun bawang. Aduk-aduk semuanya.

Ambil selembar kulit martabak, sendok bahan yang sudah tercampur, lipat kulit martabak dengan hati-hati supaya tidak robek. Ulangi hingga kulit martabak dan bahan campuran habis.

Goreng hingga kecokelatan.

3. Kurma

Nah, ini baru makanan yang wajib ada untuk buka puasa karena buah kurma lah yang menjadi santapan wajib Rasulullah saat sahur dan buka puasa. Ada beraneka macam kurma yang bisa kita nikmati. Tergantung selera apakah suka kurma yang basah atau yang kering?

Menu di atas itu emang sederhana banget ya. Yang penting jangan lupa minum air dan juga jangan sampai kekenyangan makan ya nanti nggak kuat buat tarawih!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top