Sunday May 19, 2024

Menu buka puasa ramadhan sederhana

Bagaimana kabar puasanya di hari ke-5 ini? Saya bahkan sudah gagal di hari ke-2 hihi. Yah mau gimana lagi ya. Padahal biasanya jadwal haidnya bukan tanggal segini, eh malah maju! Qadarullah.

Bagaimana kabar masak-memasak Emak? Apakah juga sudah pusing dengan menu setiap hari? Menu sahur, menu buka puasa, menu cemilan? Pastinya bingung ya, kayak saya T_T.

Sabar ya, Mak! kalo capek sesekali beli makan di luar jika memungkinkan juga nggak salah kok. Tapi pas semangat dan tenaga meningkat cuzz langsung masak. Hehe itu mah saya banget ya yang nggak bisa masak tiap hari banget kayak ibu-ibu lainnya karena tenaganya nggak sanggup euy. Nah, tapi kemarin saya masih bisa banget nih masak buat menu buka puasa. Masaknya tentu saja yang sederhana alias simple-simple aja.

Saat ini saya lagi di rumah ibuk, jadi senang banget karena bisa sekalian masak barengan sama ibuk. Nah, berikut ide masakan sederhana yang kemarin saya buat:

  1. Terong balado

Siapa nih pecinta terong? Emang susah ya kalau menolak pesona terong balado. Apalagi dimakan pakai nasi hangat. Duh, jangan dibayangin sekarang pas masih puasa ya!

Terong yang memiliki nama latin Solanum melongena ini termasuk ke dalam famili Solanaceae, berasal dari India dan Sri Lanka. Terong memiliki beragam manfaat untuk kesehatan di antaranya yaitu memelihara kesehatan jantung, meredakan anemia karena mengandung zat besi, memelihara kesehatan kulit karena dapat melembabkan kulit karena kandungan air yang terdapat di dalamnya, meningkatkan kemampuan otak, dan menurunkan gula darah.

Waah ternyata terong ungu manfaatnya banyak ya. Kalau tidak suka digoreng dan dicampur dengan sambal, bisa juga memasak terong dengan cara memanggangnya di oven agar guilt free gorengan ya!

2. Bihun goreng

Bihun alias rice vermicelli merupakan makanan yang dikenal di Asia. Berbagai negara di Asia memiliki penamaan yang berbeda-beda untuk bihun ini. Saat ini bihun ada yang dibuat dari beras dan ada juga yang dari jagung. Biasanya bihun disajikan dengan digoreng maupun dengan kuah.

Bagi saya yang tidak terlalu jago memasak, menu masakan yang simple sangatlah dibutuhkan. Dan bihun goreng ini sangatlah mudah membuatnya. Bihun direbus, tiriskan. Lalu setelah tiris, tumis bersama bawang merah dan bawang putih, tuang kecap dan garam secukupnya, tambahkan bakso atau udang sesuka hati, masukkan irisan daun bawang, aduk-aduk semuanya. Jadi deh!

3. Sayur sop

Menu ini sering sekali dijadikan menu untuk anak-anak. Mungkin karena sayur sop memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan sayur-sayuran yang ada di dalamnya. Sayur sop biasanya berisi wortel, bakso, daun bawang, buncis, bisa juga ditambahkan telur puyuh. Ditambah lagi dengan rempah-rempah sebagai bumbu di dalamnya, sayur sop memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena mengandung sayur-sayuran tentu sayur sop mengandung serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan. Di musim perubahan iklim ini tentunya dengan cuaca yang tak menentu dan pandemi yang masih ada, sayur sop kerap kita butuhkan untuk meredakan gejala flu dan pilek.

4. Bubur mutiara

Wah kalau makan bubur ini saya jadi ingat dengan saat-saat ramadhan masa kecil dulu. Ibuk sering sekali membuat bubur mutiara sebagai salah satu menu berbuka puasa. Kemarin saya berkeliling warung untuk mencari bahan mentah bubur mutiara warna pink yang dulu sering dibuat ibuk. Sayangnya di warung sekitar rumah ibuk ternyata tidak ada. Yang ada hanya yang berwarna kotak warna-warni, bukan mutiara pink bulat kecil-kecil seperti yang saya maksud. Ya sud, akhirnya saya beli dulu saja. Besok-besok cari di tukang sayur lain. Memasaknya juga gampang, tinggal direbus saja dan tambahkan santan saat sudah matang. Namun perlu diingat, jika tidak ingin kandungan gula terlalu tinggi maka jangan masukan gula terlalu banyak ya!

Nah, itu dia sedikit menu sederhana untuk berbuka puasa yang mudah sekali untuk dibuat. Semoga puasa dan ibadah kita semua diberi kelancaran oleh Allah dan diterima sebagai ibadah terbaik. Aamiin Allahumma aamiin.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top