Saturday Apr 13, 2024

Profesi: menjadi pustakawan

Hobi boleh mengamati burung. Tapi profesinya apa ya? Apakah peneliti burung?

Oh, bukan! Sebenarnya saya adalah pustakawan. Etapi kan saya statusnya sekarang lagi bekerja di rumah ya, bukan di perpustakaan. Apakah itu berarti saya bukan pustakawan lagi? Nggak pa-pa lah ya, kan di rumah juga punya perpustakaan T_T.

Saya lulus dari jurusan Ilmu Perpustakaan dan kemudian menjadi pustakawan sebuah universitas. Sehari-harinya pekerjaan saya adalah mengolah setiap buku-buku yang masuk dan menjadi koleksi perpustakaan saat itu. Jumlahnya ribuan dan jika memasuki masa akreditasi kampus, jumlahnya bisa membludak lalu harus dikebut dalam waktu cepat. Yang mengerjakan proses pengolahannya saya sendiri sementara dibantu anak magang memasang label pada bagian buku tersebut.

Banyak yang mengira orang yang bekerja di perpustakaan hanyalah seorang penjaga perpustakaan yang galak, tidak ramah, judes, hanya duduk untuk menjaga buku, dan hanya bisa melarang-larang orang untuk tidak berisik. Stigma itu masih terasa melekat. Padahal menjadi pustakawan adalah jauh dari sekedar hanya duduk dan menjaga buku.

Sebagai pustakawan di bagian pengolahan pada masa itu. Saya harus membaca sekilas buku satu per satu. Iyes, semua buku yang masuk. Mulai dari buku ekonomi, bisnis, matematika, dan sebagainya. Memang tidak dibaca satu buku penuh, namun setidaknya saya tahu secara sekilas isinya tentang apa saja. Hal ini supaya saya bisa menentukan nomor klasifikasi buku, keyword, tajuk subjek, hingga menuliskan abstrak buku untuk memudahkan pemustaka yang datang ke perpustakaan.

Apakah saya juga menyuruh pengunjung perpustakaan untuk tidak berisik? Oh, ya tentu saja. Namun saya pada saat itu memiliki batasan yaitu jika kelompok pemustaka hanya berdiskusi dengan suara pelan dan tidak mengganggu yang lain, maka saya biarkan. Namun jika mereka hanya datang untuk tertawa terbahak-terbahak dan ribut-ribut saja maka biasanya saya arahkan untuk ke ruang diskusi di tempat yang berbeda.

Begitu lah sekilas cerita menjadi seorang pustakawan yang bekerja di perpustakaan.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top