Friday Apr 19, 2024

Belanja online VS belanja offline

Ketika pandemi merebak, kebutuhan akan belanja online sangat meningkat pesat! Adanya anjuran yang mengharuskan di rumah saja jika tidak ada kebutuhan penting membuat masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online saja. Termasuk saya. Saat tingkat penularan sangat tinggi, dan belum tersedia vaksin, saya bahkan tidak berani untuk sekedar ke minimarket terdekat sehingga berbelanja kebutuhan sehari-hari pun via online.

Setelah berbulan-bulan sesudahnya dan saya sudah berani pergi keluar rumah, saya pergi ke sebuah mall dengan perasaan yang sangat senang. Iyes, kalau dulu malas ke mall jika suasana ramai dan banyak orang. Sekarang bepergian ke mall menjadi senang sekali rasanya karena akhirnya bisa melihat secara langsung produk yang ingin dibeli. Terutama untuk barang semacam sepatu yang tidak mungkin saya beli secara online.

Photo by Nataliya Vaitkevich

Berbelanja offline pun menjadi lebih menyenangkan karena bisa meminimalisir kemasan yang bisa menghasilkan tumpukan sampah semacam bubble wrap dan plastik-plastik lain. Meski begitu kebutuhan berbelanja online tidak selamanya buruk karena dengan adanya teknologi justru kita bisa sangat terbantu untuk berbelanja tanpa terkena kemacetan dan juga terhindar dari penularan virus. Tinggal alternatif penggunaan kemasan saja yang sebaiknya ditingkatkan lagi.

Kalau kamu lebih suka berbelanja online atau offline?

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top