Saturday May 18, 2024

Hadir di acara launching Taman Tebet Eco Park

Alhamdulillah kami mendapatkan undangan dari Komunitas Ayo Ke Taman untuk hadir di acara peluncuran Taman Tebet yang kini menjadi Taman Tebet Eco Park pada tanggal 23 April 2022.

Acara ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan yang sesudahnya melakukan tour keliling ke seluruh sudut taman. Pada spot komunitas Ayo Ke Taman bersamaan dengan komunitas Jakarta Birdwatcher Society, Bapak Anies Baswedan mencoba untuk melakukan pengamatan burung yang ada di taman.

Saya dan anak-anak adalah pengunjung setia Taman Tebet sebelum direnovasi. Kami yang memang senang pergi ke taman, menjadikan Taman Tebet sebagai taman favorit karena naungan pohonnya yang teduh dan lokasinya yang tidak terlalu jauh. Di sini juga biasanya saya mengamati burung takur ungkut-ungkut yang memang sering ada di lokasi.

Di wilayah tersebut terdapat Taman Honda Tebet dan juga Hutan-Kota Tebet yang ada di sisi seberang jalan. Nah, sekarang setelah melalui proses renovasi sejak lebih dari satu tahun lalu, taman dan hutan-kota tersebut digabungkan dan dihubungkan dengan jembatan panjang ikonik berwarna oranye.

Tidak hanya jembatan panjang saja, banyak spot di Taman Tebet Eco Park yang sangat menarik. Pembagiannya yaitu adalah sisi utara dan selatan. Di sisi selatan terdapat playground yang sangat diminati anak-anak saya. Ada berbagai wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak mulai dari wall climbing, perosotan, ayunan, berjalan di atas log kayu, trampolin, dan lain sebagainya. Sementara di sisi lain taman bagian selatan, juga terdapat area wetland (lahan basah) yang diisi oleh area yang tergenang. Di sudut utara terdapat area rumput yang ditujukan untuk komunitas dan juga rak perpustakaan mini. Kita juga bisa berolahraga dengan sarana olahraga yang ada di taman dan juga menikmati pepohonan yang ada di sana.

Lahan parkir tersedia namun disarankan jika memungkinkan datang dengan kendaraan umum ya. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan juga tidak merusak fasilitas taman.

Terima kasih Ayo Ke Taman atas undangannya untuk saya dan anak-anak.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top