Sunday May 19, 2024

7 Hal yang dibutuhkan dalam pengamatan burung

Dalam melakukan pengamatan burung alias birdwatching, apa saja yang harus dilakukan? Apakah harus selalu menggunakan baju hijau supaya kita bisa menyamar menjadi pohon? Apakah harus selalu membawa teropong?

Berdasarkan pengalaman amatiran, berikut beberapa hal yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan birdwatching:

1. Buku panduan. Bisa berbentuk buku saku atau lembaran-lembaran yang sudah dilaminating supaya lebih mudah dibawa. Pilih dalam bentuk tercetak ataupun digital (kalau sudah ada), tentu masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Buku panduan ini berfungsi untuk mencocokan hasil temuan yang kita lihat dengan individu yang memang sudah tercatat sebelumnya.

Contoh buku panduan yang terbaru dan sedang hits ini adalah buku SKJB reborn garapannya orang-orang hebat. Sudah punya belum? Kalo belum, buruan beli!

2. Alat tulis dan kertas untuk catatan lapangan. Hal yang dicatat biasanya spesies, jumlah, dan waktu pada saat burung terlihat atau suaranya terdengar.

3. Mau mencatat tapi paperless? Ya udah jangan lupa pas pengamatan unggah burung apa saja yang dijumpai dan lokasinya ke BURUNGNESIA.

4. Alat bantu seperti binokuler, monokuler.

5. Kamera untuk dokumentasi.

6. Menggunakan topi maupun pakaian lapangan. Ini maksudnya sih supaya tidak menyulitkan pergerakan saat misalnya masuk-masuk hutan, atau supaya tidak gosong saat berada di puncak bukit. Intinya kenakan pakaian yang nyaman.

7. Botol minum. Banyak minum air terutama saat cuaca panas agar tidak dehidrasi.

Nah, sudah siap birdwatching?

Mumpung masih hangat di bulan Oktober, bulan di mana para pengembara dari belahan bumi sana bermigrasi beramai-ramai menuju negeri sini untuk menghangatkan tubuhnya. Iya, burung-burung tersebut bermigrasi melintasi samudera dan benua yang demikian luasnya.

(Ini saya ulangi lagi dari tulisan sebelumnya). Seperti dikatakan Colin Biby (2002) bahwa pengamat burung yang memiliki pengetahuan dan perduli terhadap biodiversitas memiliki peran yang sangat penting untuk mempromosikan pentingnya konservasi bagi burung dan lingkungannya.

“The people who enjoy birds and who see their population declines are very well placed as a social and political force to promote concern for conservation, not just of birds but of the environments on which they depend. A new awareness will need to be based on a new ethic that gives greater value to the natural environment and to the fair sharing of its costs and benefits. But it will also need to be based on the application of political and economic argument at all levels of society where environmental decisions are made. Birdwatchers who know and care about biodiversity have a powerful role to play.

Maka yuk kenali lebih dekat burung-burung di sekitar kita. Mari pengamatan!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top