Sunday Jun 09, 2024

Foto makro dengan Samsung A12 (2021)

Handphone yang baru saya gunakan selama 2 tahun tiba-tiba rusak dan tak mau menyala lagi. Sedih sih karena biasanya saya pakai hape itu benar-benar sampai rusak dan sedihnya itu kenapa ya baru 2 tahun udah nggak bisa diapa-apain lagi. Padahal sebelumnya saya pakai ASUS dan kuat sampai 4 tahun hingga akhirnya mati total.

Akhirnya pilihan dan feeling saya langsung jatuh sama Samsung A12. Yang pertama saya cari-cari adalah berapa inchi layarnya dan bagaimana kameranya, juga kapasitas penyimpanannya. Maklum yang kemarin tuh ngehang karena kepenuhan aplikasi juga. Padahal yang saya install ya memang yang dibutuhkan, bukan dipenuhi dengan game.

Saya baca-baca si Samsung A12 ini ok juga buat foto makro. Trus harganya nggak sampai 3 juta yang mana saya nggak ada budgetnya. Ya udah beli deh. Belinya online. Agak deg-deg-an juga sih karena nggak pernah beli online tapi kali ini disarankan beli online padahal tadinya mau beli langsung ke gerai Samsung.

Setelah sampai esok harinya langsung ya saya coba untuk foto makro. Jadi untuk makro ini ada fiturnya tersendiri. Nah, syukur saat itu ada bunga mawar saya yang lagi mekar. Jadi bisa untuk percobaan.

Ini hasilnya kalau tidak pakai fitur makro, Fokusnya jadi kurang baik dan tidak bisa dari dekat.

Kalau pakai fitur makro, ada instruksi harus mendekat dengan jarak 3-5 mm dari objek. Ini hasilnya:

Nah, tapi itu karena wujud bunga mawar kan agak bulky ya jadi cling banget buat difoto. Lalu bagaimana kalau saya yang hobi nyabutin rumput-rumputan ini?

Hmm… ternyata kalau objeknya lurus dan tipis, butuh usaha yang agak lebih rumit ketika memakai fitur makro. Hasilnya jadi kurang jelas alias blur. Agak sedih sih, soalnya maunya hasil foto rumput-rumputan yang saya ambil juga tsakep heu.

Atau mungkin saya yang masih belum terbiasa ya megangnya. Tapi boleh juga sih ini terutama buat saya yang hobi banget ngejar kupu-kupu. Kalau ada kupu-kupu tinggal keluarin hape aja, meminimalisir membawa kamera terutama saat sekarang kamera saya rusak hiks..

Inilah foto kupu-kupu yang pertama saya foto pakai HP Samsung. Tapi ini nggak pakai fitur makro, pakai yang biasa saja.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top