Sunday May 19, 2024

Impian bertemu nudibranch

Tahun 2007 hingga tahun 2009 adalah masa yang cukup bikin down ketika saya dibilang katanya punya MVP di jantung.

It’s such an end story for me since my dream is to go diving in the sea.

Baca juga: Impian menyelam yang berhenti di tengah jalan

Menyelam di laut bersama penyu dan melihat sendiri biota bernama nudibranch yang biasanya ada di kedalaman sekian meter di bawah permukaan laut.

Kemudian tahun 2011-an seneng banget lihat foto-fotonya Mas Swiss di blog yang menyelam di laut Baluran dan ketemu banyak nudibranch.

Setelah itu naik-turun masa-masa down dan kembali percaya diri hingga rela melepaskan mimpi diving itu. Ya udahlah emang udah takdirnya nggak bisa menyelam. Begitu kata saya (akhirnya).

April tahun 2017 saat pergi ke Pulau Rambut untuk pengamatan-burung, saat berjalan di antara batu karang dan air laut semata kaki, mata tiba-tiba tertuju pada warna mencolok khas nudibranch.

Waktu itu saya nyaris nggak percaya! Ya masa ada nudibranch di pinggiran laut hampir keinjek?!

Etapi wujudnya kok beneran nudibranch, ya? Anak biologi yang barengan jalan sama saya malah lupa namanya. Kami menunduk untuk melihat lebih dekat dan mengangkat batu tempat si nudibranch menempel tanpa mengeluarkannya dari air.

Pas saya bilang nudibranch dia pun mengiyakan. Ya ampun, sulit sekali melukiskan perasaan saya saat itu.

Nudibranch ada di laut dangkal! Gak cuma satu, tapi lima! Oh, Alhamdulillah. Terima kasih Allah sudah mengabulkan mimpi dengan cara berbeda 8 tahun kemudian.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top