Thursday Jun 13, 2024

Pengamatan burung di Taman Langsat bareng komunitas Jakarta Bird Walk dan Ayo Ke Taman

Jakarta Bird Walk (JBW) merupakan sebuah kegiatan pengamatan burung (birdwatching) yang dilaksanakan bersama-sama setiap satu bulan sekali di berbagai lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada di Jakarta. Pada bulan Maret 2023, JBW dilaksanakan di Taman Langsat, Blok M, Jakarta Selatan. Pada sesi bulan itu, JBW juga bekerja sama dengan komunitas Ayo Ke Taman. Komunitas Ayo Ke Taman merupakan komunitas yang berfokus pada pentingnya taman sebagai Ruang Terbuka Hijau bagi masyarakat untuk melaksanakan berbagai aktivitas.

Taman Langsat berlokasi di Jl. Barito, RT 01/RW 01, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Luas Taman Langsat adalah sekitar 3.6 hektar dan memiliki berbagai fasilitas seperti area olahraga, jogging track, mainan anak-anak, sudut lansia, toilet, mushola, dan kolam teratai.

Ketika saya dan anak-anak tiba di Taman Langsat, kawan-kawan sudah mulai berjalan memutari taman dan mengamati. Di awal-awal kami hanya menjumpai burung gereja dan kutilang. Di jalur jogging track yang kami lalui, saya sempat menjumpai jamur kecil di batang pohon lapuk yang ketika disentuh langsung menyemburkan spora jamurnya yang terlihat menyerupai asap. Sayang sekali lupa saya abadikan dengan kamera.

Setelah berjalan lagi, dari jauh di atas jembatan saya melihat seekor burung berwarna-warni. Setelah saya lihat dan sampaikan ke kawan-kawan lain dan dilihat dengan kamera ternyata itu adalah burung lovebird yang sepertinya burung lepasan.

Salah satu hal menarik yang ada di Taman Langsat adalah adanya kolam teratai yang tidak selalu ada di taman-taman lainnya. Sambil menunggu burung-burung berdatangan, kami pun akhirnya juga belajar mengenai perbedaan bebek, angsa, dan entok yang terdapat di taman itu. Juga asal-muasal bebek jenis tertentu hingga bisa berada di Indonesia yang sebenarnya berasal dari Mallord duck, bebek berwarna hijau yang ada di Inggris sana. Kami juga mengamati bunga-bunga yang berjatuhan yang ternyata merupakan bunga durian.

Meski hari itu tak terlalu banyak burung yang kami jumpai, pengamatan hari itu tetap seru karena kami mendapat peta burung Jakarta yang dibagikan secara gratis dan juga sesudah sesi pengamatan anak-anak bisa melakukan kegiatan mewarnai gambar burung di taman yang dipandu oleh kawan-kawan komunitas Ayo Ke Taman.

Gambar burung yang diwarnai anak-anak merupakan gambar burung-burung yang bisa kita jumpai di Jakarta. Tidak hanya anak-anak saya yang mengikuti sesi mewarnai setelah pengamatan, anak-anak lain yang sedang main di taman juga diajak untuk melakukan kegiatan mewarnai secara gratis. Dengan kegiatan tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat yang mengetahui keragaman burung-burung Jakarta dan sekaligus merasakan manfaat dari taman sebagai Ruang Terbuka Hijau.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top