Tuesday May 14, 2024

Asian Water-bird Cencus (AWC)

Asian Waterbird Cencus alias AWC adalah penghitungan burung-air (waterbird) berbasis relawan yang diselenggarakan secara serentak pada minggu kedua dan ketiga bulan Januari. Dalam situs Wetlands Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan bertujuan mengumpulkan data dan informasi burung-air di lahan basah, melakukan monitoring, dan evaluasi status dan kondisi yang ada pada lahan basah tersebut dan mendukung komunitas yang berkecimpung pada burung-air dan lahan basah, dengan tujuan konservasi.

Kegiatan AWC biasanya diikuti oleh para peneliti, mahasiswa, pengamat burung baik profesional maupun amatir, hingga masyarakat umum secara sukarela.

Karena burung yang menjadi fokus adalah burung-air, maka lokasi yang dijadikan tempat kegiatan biasanya adalah lahan basah seperti hutan mangrove, area muara, dan juga pantai.

Saat hari H kegiatan peserta biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok dan menyebar ke beberapa bagian di tempat tersebut. Nantinya burung-air yang terlihat akan dicatat sesuai dengan nama dan jumlah individu yang terlihat, serta waktu saat pengamatan.

Kegiatan AWC pada bulan Januari tahun 2009 adalah kegiatan pengamatan burung yang pertama kali saya lakukan bersama komunitas yang berfokus di hutan mangrove dan sejak itu malah jadi keterusan.

Januari, 2009

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan AWC atau kegiatan pengamatan burung lainnya?

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top