Monday Apr 22, 2024

Asal-usul trench coat

Dalam artikel di web contrado.co.uk dituliskan sejarah coat khususnya trench coat yaitu sudah muncul lebih dari 150 tahun yang lalu. Bahkan sebelum perang dunia pertama. Ciri khas dari trench coat klasik yaitu berwarna khaki, anti air, memiliki ikat pinggang, panjang bervariasi dari lutut hingga betis, terdapat kantong, dan sebagainya yang seluruhnya memiliki fungsi saat menjalani tugas.

Asal mula trench coat kira-kira berawal dari tahun 1823. Pada masa itu coat dibuat sebagai pakaian luar (outerwear) baik untuk laki-laki maupun perempuan, untuk militer maupun rakyat biasa. Coat tersebut diberi nama “Macs” sesuai nama penemunya yaitu Charles Macintosh. Iyes saya baru tahu beberapa tahun lalu kalo Macintosh nggak ada hubungannya sama komputer heu.

Charles Macintosh adalah penemu jas tahan air. Ia lahir pada tahun 1766 di Skotlandia. Ia menyukai jurusan kimia dalam pendidikannya. Pada tahun 1823 ia menemukan metode baru untuk menghasilkan produk pakaian tahan air. Setahun sesudahnya ie bekerja sama dengan Thomas Hancock, seorang ahli dalam teknologi karet dan memiliki pabrik untuk membuat dan menjual produk tersebut. Macintosh juga kemudian bekerja sama dengan penjelajah Antartika untuk membuat barang-barang tahan air. Pada tahun 1830, pakaian tahan air semakin dikenal di Inggris dan Amerika. Namun pengejaannya berubah menjadi Mackintosh atau Mac saja. 

Begini nih penampakan Mackintosh coat.

Meski begitu, coat versi Mackintosh ini memiliki berbagai kekurangan sehingga kemudian dikembangkan lagi dengan berbagai bahan dan model sehingga bisa digunakan baik di saat panas maupun udara dingin.

Ada dua orang yang kemudian dianggap sebagai penemu alias inventor trench coat yaitu John Emary dan Thomas Burberry. Kedua orang tersebut kemudian masing-masing mendirikan perusahaan yang mengembangkan trench coat di Inggris yaitu Aquascutum oleh Emary dan Burberry oleh Burberry.

Selama perang dunia pertama, trench coat digunakan oleh kalangan atas. Inilah kemungkinan yang menyebabkan coatlebih dikenal sebagai tampilan yang berkelas.

Barulah pada perang dunia kedua, negara lain melihat penggunaan trench coat tersebut sehingga kemudian mengadaptasi dan membuat banyak penyesuaian sesuai kebutuhan misalnya panjang, bahan, dan segala printilan lain yang memungkinkan penggunanya mudah bergerak bebas. Ya maklum ya namanya juga lagi perang. Carinya yang simple, nggak nyangkut-nyangkut, tapi tahan segala cuaca. Trench coat pun semakin menyebar hingga digunakan oleh aktor yang bermain di film Hollywood.

Selanjutnya hingga kini, trench coat semakin mengalami perubahan dan modifikasi dari awalnya semula. Warnanya tidak selalu harus khaki tetapi menggunakan warna-warna lain.

Dan berikut beberapa model serta aktor dan aktris yang menggunakan trench coat dalam film.

Jude Law sebagai Watson dalam film Sherlock Holmes
Blake Lively dalam film the Age of Adaline

Emma Watson juga pernah menjadi model collection trench coat Burberry pada tahun 2009. 

Rujukan tulisan:

Http://contrado.co.uk

www.mackintosh.com

Foto dari google dan sumber rujukan tulisan.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top