Friday May 17, 2024

5 kegiatan bermanfaat saat bulan ramadhan

Bulan ramadhan identik dengan berbagai kegiatan yang sarat dengan manfaat. Tinggal kita untuk memilih apakah mau melakukan kegiatan bermanfaat tersebut atau memilih untuk nongkrong-nongkrong saja yang bisa memancing banyak godaan untuk berbuka sebelum waktunya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa menjadi alternatif kegiatan saat berpuasa:

  1. Pesantren kilat

Siapa nih yang anaknya lagi latihan beribadah? Mengikuti pesantren kilat bisa menambah semangat dan membuka wawasan anak tentang agama Islam. Namun mengingat masih pandemi, tahun ini pun pesantren kilat sepertinya masih marak dilakukan secara online. Tidak apa ya, kita doakan saja semoga tahun depan sudah bisa offline lagi dan kita diberi kesempatan untuk bertemu lagi dengan ramadhan. Aamiin.

Pesantren kilat punya banyak serangkaian kegiatan. Anak yang sedang belajar puasa juga cenderung akan mengeluh “lapar dan haus” berulang-ulang hehe. Dengan mengikuti pesantren kilat maka anak akan berkurang keluhannya akibat asyik dengan aktifitas lain. Untuk anak-anak biasanya tersedia dongeng ramadhan, membuat prakarya, dan tema seminar lain yang pas untuk anak.

2. Menjahit

Weew siapa yang tidak bisa menjahit kayak saya? Hehe. Menjahit membutuhkan ketelatenan, mata yang detail, dan 98% kemauan! Mager ya? SAMA. Tapi pas saya coba jahit sekali eh ketagihan. Akhirnya saya sampai bikin alas cangkir mini dari kain, dan otodidak bikin ala-ala tempat tissue. Tissuenya tentu juga menggunakan kain perca yang masih ada. Semuanya dijahit dengan tangan dan meski masih berantakan tapi puas karena berhasil membuat sendiri.

Photo by cottonbro

3. Belajar review skin care

Ayo ngaku siapa yang keranjingan skin care juga?! Biar menambah semangat maka kita bisa mulai belajar membuat review tulisan ataupun caption skin care yang kita pakai. Dari review itu, lama kelamaan siapa tahu ada brand yang tertarik dan meng-endorse kita untuk dibuat review berdasarkan pengalaman pribadi. Enaknya dapat skin care secara cuma-cuma dan nantinya tulisan kita pun dibayar. Tapiiii perlu diingat untuk di awal-awal saat masih belajar jangan langsung berharap mendapatkan uang ya, karena semua tentunya butuh proses.

4. Merakit bricks

Anak-anak saya senang sekali merakit lego. Mereka bisa membuat rumah 1 lantai, rumah 2 lantai lengkap dengan tangganya, gerobak bakso, mobil, helikopter, hingga warung kopi. Sesekali kita bisa ikut mencoba bersama anak-anak berdasarkan panduan yang ada dalam buku dan juga internet.

5. Membaca buku sejarah Nabi-Nabi

Akan sangat baik sekali terutama di bulan penuh berkah ini, kita menambah juga wawasan tentang sejarah Nabi-Nabi yang mungkin selama ini banyak terlupa. Ada banyak sekali buku-buku sejarah keislaman yang bisa kita baca. Jika merasa khawatir dengan topik yang terlalu berat, kita bahkan bisa mulai dari buku sejarah Islam yang ditunjukan untuk anak anak-anak.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top