Tuesday May 14, 2024

Burung bondol peking dan rumput Paspallum comersonii

Kami berada pada hari perjalanan mudik yang kesekian, saat itu lokasinya berada di rumah Mbah yang berada di Sidareja, Jawa Tengah. Teras rumah yang bertahun-tahun adalah ruang tamu yang berada di bagian dalam rumah, kini sudah diubah menjadi teras rumah. Sisi-sisi yang awalnya kaca jendela sudah dijebol hingga pandangan kami yang berada di teras tersebut bisa langsung memandang ke sisi kebun depan rumah dan juga gang kecil yang berada di samping rumah Mbah dengan hanya dibatasi pagar pendek.

Di samping gang tersebut merupakan lahan kosong berisi tanah becek dan rerumputan yang terabaikan. Di situlah saya melihat sekitar 2-3 ekor burung bondol sedang bolak-balik bertengger di ranting-ranting kering dan rerumputan. Setelah saya zoom dengan kamera, salah satunya adalah burung bondol peking sementara dua yang lainnya saya tidak yakin. Burung-burung itu rupanya sedang memakan bulir-bulir pada rumput yang awalnya saya kira adalah teki (Cyperus), ternyata kemudian diralat oleh Lana sebagai rumput Paspallum comersonii.

Dan setelah menunjukan foto burung pada Panji, ternyata ketiga-tiganya adalah bondol peking (Lonchura punctulata) namun yang dua merupakan anakan bondol peking.

Syahdu sekali pagi menjelang siang itu, setelah packing karena kami akan bergerak ke kampung ibu, sejenak mengamati anak-anak yang berkejaran di kebun depan rumah, saya mengamati burung bondol peking yang masih saja hinggap dan terbang mondar-mandir di rerumputan.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top