Thursday Jul 11, 2024

#41 Kokokan laut: burung-air yang masih terlihat di Jakarta

Pulau Rambut, 2017

Sambil berbasah-basah dengan air laut sebetis, kami terus berjalan di bagian sisi barat Pulau Rambut hingga kemudian menjumpai seekor burung-air (waterbird) di depan sana. Burung berukuran cukup besar, bagian atas kepala hitam dengan paruh abu-abu, terdapat warna kuning di dekat matanya. Leher dan tubuhnya juga abu-abu dan terdapat corak pada bagian sayapnya, di bagian belakang kepalanya terdapat helaian yang saya cirikan seperti kunciran rambut hehe.

Sayang sekali, di Pulau Rambut itu, Kokokan laut berdiri di antara hamparan dan tumpukan sampah yang jumlahnya banyak sekali. Sampah-sampah terbawa ombak hingga ke tempat burung-burung mencari makan ini.

Kokokan laut memiliki nama latin Butorides striata. Habitatnya di lingkungan mangrove dan pantai. Makanan kokokan laut adalah ikan kecil, udang, kodok, serangga, dan ular kecil.

Butorides berasal dari kata “Butor” atau “Botarus” yang digunakan di abad pertengahan Inggris dan berarti “bittern” alias “burung”, dan bahasa Yunani Kuno “oides” yang artinya “resembling” alias “menyerupai”.*

Semoga kita bisa sebisa mungkin meminimalisir sampah agar dapat turut serta menjaga lingkungan untuk habitat burung dan hewan-hewan lainnya.

Order: Pelecaniformes

Family: Ardeidae

Genus: Butorides

Species: Butorides striata

*The Helm dictionary of scientific bird names oleh James A. Jobling. 2010.

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top