Thursday Jul 25, 2024

Enam tips pergi piknik

Menurut Webster Dictionary, piknik adalah suatu kegiatan tamasya di luar ruangan dengan membawa makanan yang disediakan oleh para peserta masing-masing dan dimakan bersama-sama di ruang terbuka.

Piknik, menurut berbagai sumber, berasal dari bahasa Prancis yaitu piquenique yang kira-kira artinya “berada di luar ruangan dengan makanan”.

Kegiatan di luar ruangan membawa manfaat bagi setiap orang yang melakukannya. Yaitu sebagai kegiatan refreshing yang menyenangkan dan dilakukan sambil menghirup udara segar. Tentunya hal ini bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan fisik.

Piknik juga pastinya membuat suasana semakin menyenangkan karena kita bisa berbagi makanan bersama dan berbincang-bincang satu sama lain.

Adakah di antara teman-teman yang sering pergi piknik bersama keluarga dan juga teman-teman?

Berikut beberapa tips saat akan pergi piknik:

1. Kenali tempat tujuan. Kenali lebih dulu tempat yang akan dijadikan tujuan piknik. Rute, transportasi menuju ke sana, apakah hanya diperbolehkan membawa makanan-jadi atau boleh memasak di tempat. Jika membawa anak-anak, jangan lupa untuk menyempatkan mereka terlebih dulu ke toilet sebelum berangkat plus pengawasan ekstra selama bepergian.

2. Membagi tugas membawa makanan dan minuman.

Di sinilah esensi dari piknik. Yaitu berbagi makanan dengan sistem potluck. Dengan menentukan terlebih dulu siapa membawa apa, maka makanan yang dibawa akan lebih bervariasi dan tentunya lebih seru! Jika tempat piknik membolehkan pengunjung untuk memasak di tempat, bagi-bagilah tugas akan bahan makanan dan perlengkapan yang perlu di bawa.

3. Membawa alas piknik

Supaya duduk lesehan lebih seru dan lebih bersih, akan lebih baik jika membawa alas piknik sendiri dibandingkan menyewa di tempat. Jika sulit, tak perlu yang berat semacam lampit dari rotan atau tikar tapi bisa juga alas duduk tipis dari kain.

4. Menggunakan wadah ramah lingkungan

Sebisa mungkin gunakan wadah atau tempat makan yang ramah lingkungan dan bisa dipakai berulang kali. Hindari penggunaan stereofoam dan plastik yang sekali-pakai-buang karena menambah tumpukan sampah serta sulit terurai. Membawa wadah sendiri juga berarti lebih sehat dan lebih bersih.

5. Hati-hati sengatan matahari

Vitamin D yang berasal dari sinar matahari memang baik untuk kesehatan. Namun kalau sudah melewati waktu terbaiknya dan terkena panas berlebihan, sinar matahari justru bisa berdampak buruk. Carilah tempat yang teduh, aman, serta nyaman saat piknik. Bagi yang mudah terkena sakit kepala, akan lebih baik membawa pelindung kepala seperti topi supaya tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa juga memakai sunscreen dan banyak meminum air putih supaya tidak dehidrasi.

6. Menjaga kebersihan lingkungan area piknik

Biasakan selalu membuang sampah di tempatnya, tidak mencoret-coret fasilitas umum, atau mengukir nama di pohon. Kalau kamu tidak mau acara piknikmu menjadi tidak menyenangkan karena tempat yang kotor, maka jadilah orang yang ramah untuk lingkungan supaya orang lain juga merasakan manfaatnya. Bawalah sampah yang dihasilkan selama piknik ke tempat sampah yang telah disediakan.

Pastikan area piknik sama bersihnya seperti sebelum kita datang.

Nah, selamat piknik bersama orang tersayang!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top