Tuesday May 14, 2024

Tips naik Kereta Jarak Jauh dengan dua anak

Saya pernah menaiki Kereta Jarak Jauh (KJJ) dengan satu anak. Rute terjauh saat itu adalah ke Stasiun Malang dari Jakarta. Tapi bagaimana jika membawa dua anak? Ya tidak jauh berbeda juga tipsnya namun kali ini A yang dulu berusia 3 tahun sudah berusia 8 tahun bersama adiknya yang saat perjalanan itu berusia 4 tahun.

Pada perjalanan kali ini saya bepergian bersama keluarga termasuk orangtua dan keluarga kakak saya. Meski bersama-sama dan tidak harus sendirian mengawasi dua anak sepanjang perjalanan namun tetap saja saya bertanggung jawab penuh atas dua anak dan tantangan utamanya ada di barang bawaan.

Kali ini kami akan menempuh perjalanan Jakarta-Purwokerto dengan waktu tempuh 6 jam dan nantinya akan kembali ke Jakarta dari Stasiun Gombong.

Berikut beberapa tips saat menaiki kereta bersama dua anak dengan waktu tempuh yang cukup lama:

  1. Pesan tiket jauh-jauh hari supaya masih bisa memilih bangku dan tidak terpisah dengan keluarga lainnya.
  2. Buat daftar perlengkapan yang harus dibawa agar tidak ada yang tertinggal
  3. Pisahkan barang-barang yang frekuensi dipakainya lebih sering dalam tas terpisah atau di kantong tas paling atas agar mudah mengambilnya saat dibutuhkan.
  4. Berangkat menuju stasiun sedini mungkin supaya nggak ada adegan lari-lari kaya saya waktu ke Malang!
  5. Bawa makanan ringan dan susu kotak untuk mengganjal perut si anak. Karena biasanya anak akan lebih mudah cranky jika perutnya lapar ataupun mengantuk.
  6. Jangan lupa membawa mainan kesukaan maupun buku favorit si anak supaya ia tidak bosan. Anak pertama saat itu saya tanyakan mau membawa buku apa dan ia menjawab ingin membawa buku puisi karya Aan Mansyur (Wooow!!), sementara untuk anak kedua yang sedang menyukai menggambar saya bawakan kertas kosong yang cukup banyak dan juga alat tulis.
  7. Jangan lupa baca doa semoga anak dan orangtua yang mendampingi sehat selama di perjalanan dan sesudahnya.

Happy travelling by train!

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top