Friday Jun 07, 2024

Kegiatan seru selama di rumah saat pandemi

Di rumah saja selama pandemi dan tidak bepergian ke berbagai tempat pastinya bisa membosankan. Supaya nggak bosan di rumah aja selama masa pandemi, berikut beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga. 

  1. Masak bareng anak

Baik anak laki-laki maupun perempuan wajib belajar memasak. Dan semakin seru jika dikenalkan sejak dini. 

Anak kami, A, 5 tahun, belajar mengaduk adonan dan menuangnya di teflon untuk membuat pancake. 

Beberapa kali ia juga menawarkan diri memotong sayur-sayuran saat saya hendak memasak sayur sop. 

2. Berjemur. Memang kita wajib berada di rumah, tapi akan lebih sehat jika juga berjemur keluar rumah bersama sinar matahari. Sambil mengenalkan lingkungan terdekat pada anak. Pastikan saja tidak ada orang lain yang berada dalam jarak dekat dan ajak anak untuk cuci tangan sesampainya di rumah.

Kami menjumpai kumbang, semut, kupu-kupu, burung, dan juga tupai jika keluar rumah. 

3. Berkebun

Kali ini adiknya sudah bisa mengikuti segala kegiatan kakaknya. Maka A & N bersama-sama menanam tumbuhan di pot kecil. Kami juga pernah di awal pandemi berusaha menanam wortel, ubi, dan sawi meski semuanya gagal.

4. Bermain lego

Membuat lego bersama-sama biasanya lebih kreatif untuk anak laki-laki. A dan N biasanya membuat sesuatu yang seru sesuai imajinasi mereka. Saya takjub pada setiap hasil karya yang mereka buat.

4. Melibatkan anak dalam jualan 

Beberapa kali A membantu berjualan baik online maupun offline. Karena sekarang tidak mungkin ada bazaar maka kami fokus kembali untuk berjualan online. Dan mengingat A sedang belajar menulis maka beberapa kali ia menawarkan diri untuk menulis di bagian amplop. Biasanya dia akan membantu menulis “Kepada” dan “Dari”.

5. Membantu menjemur baju. A dan adiknya senang sekali ikut menjemur baju. Beberapa kali ia senang kalau dilibatkan. Meski sering juga ia hanya menggoda adiknya dan berujung pada tangisan.

6. Bermain kemping di dalam rumah. A senang menggelar selimut lalu membuka payung-payung untuk dijadikan tenda. Ia lalu mengajak adiknya, saya, dan juga Abang untuk bermain tenda. 

Kalau kamu, kegiatan apalagi yang kamu lakukan bareng keluarga?

 

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top