Sunday May 19, 2024

Kenapa memilih wordpress sebagai platform blog

WordPress termasuk ke dalam Content Management System (CMS) selain Blogger yang memang dibuat khusus untuk blogging. WordPress diciptakan pertama kali oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. WordPress memiliki banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis.

Sejak awal pertama menggunakan blog di tahun 2011, saya menggunakan wordpress untuk menulis blog. Pada tahun 2016 saya menggunakan layanan dan hosting berbayar. Saat itu yang saya gunakan juga tetap wordpress. Hingga akhirnya karena satu dan lain hal saya tidak bisa melanjutkan blog berbayar tersebut saya kembali ke blog lama yang gratisan. Dan sekarang saat kembali dengan blog dan hosting sendiri, saya tetap juga menggunakan wordpress hehe.

Ini beberapa sebab saya lebih memilih wordpress dibanding yang lain:

  • Fitur di wordpress bagi saya sangat mudah digunakan alias user friendly.
  • Themes alias desain tampilan yang ditawarkan juga sangat beragam meski saat itu saya hanya menggunakan wordpress gratisan.
  • Bebas meng-customize blog sendiri, seperti misalnya mengutak-atik fitur, membuat subdomain, dan mengubah desain tampilan. Bahkan bisa menambahkan menu plugin sendiri. Misalnya saja dulu saya pernah membuat toko online. Coba utak-atik saja dan ternyata tidak terlalu sulit.
  • Pilihan menu lebih banyak. Berhubung niche blog saya adalah gado-gado alias campuran, maka saya membutuhkan yang fitur menunya beragam tapi nggak bikin puyeng. Saya duluuu pernah coba juga pakai yang selain wordpress tapi malah puyeng sendiri heu.
  • Keamanan. Kalau dari yang saya baca di artikel Niagahoster, wordpress memiliki fitur keamanan sebanyak tiga lapis sehingga aman untuk website kita.

Nah, itu deh beberapa hal yang menjadi alasan saya untuk menggunakan wordpress sebagai platform blog. Kira-kira kalau pembaca sendiri senangnya pakai platform apa ya?

Yulia

Pengamat tumbuhan, burung, dan kupu-kupu amatir, ibu dua anak, penulis, pustakawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top